Pages

Selasa, 21 April 2015

TELAAH KI, KD BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, KOMPETENSI INTI, DAN KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VIII
DIMENSI
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
SIKAP
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakh-lak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi seca-ra efektif dengan ling-kungan sosial dan alam dalam jangkauan per-gaulan dan keberada-annya.
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, Tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
2.3 Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang
2.4 Memilikiperilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain
PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis
3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis
3.3  Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis
3.4  Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis
KETERAMPILAN
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipela-jari di sekolah atau sumber lain yang sa-ma dengan yang diperoleh dari sekolah.
4.      Mencoba, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, me-rangkai, memodifikasi, dan  membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghi-tung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1    Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi, baik secara lisan maupun tulis
4.2     Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulis
4.3    Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis
4.4    Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulis


HASIL TELAAH KI, KD, DAN PENGEMBANGAN INDIKATOR SERTA PENGEMASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS VIII  KURIKULUM 2013
v  INDIKATOR
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel baik melalui lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.1.1  mengenali struktur isi teks cerita moral/fabel ;
3.1.2  mengenali ciri bahasa  teks cerita moral/fabel;
3.1.4  mengidentifikasi  teks  cerita moral/fabel dengan  menggunakan  bahasa  Indonesia secara santun. 
3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel baik melalui lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.2.1  membandingkan persamaan/perbedaan struktur  isi dan  ciri  bahasa  dua  teks  cerita moral/fabel;
3.2.2  menuliskan hasil perbandingan cerita moral/fabel lisan dan cerita moral/fabel tulis.
3.3 Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel baik melalui lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.3.1  mengklasifikasi isi teks cerita moral/fabel;
3.3.2  mengklasifikasi unsur kebahasaan teks cerita moral/fabel;
3.3.3  menuliskan hasil klasifikasi cerita moral/fabel baik lisan maupun  tulis.
3.4  Mengidentifikasi  kekurangan/kelebihan  teks  cerita moral/fabel  berdasarkan  kaidah-kaidah  teks baik melalui lisan maupun tulis.
Siswa mampu:
3.4.1 menemukan kekurangan teks cerita moral/fabel berdasarkan kaidah-kaidah teks;
3.4.2 menemukian kata-kata kunci dari teks cerita moral/fabel;
3.4.3 menemukan kelebihan teks cerita moral/fabel  berdasarkan kaidah-kaidah teks .
4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.1.1 menyimpulkan  makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita moral/fabel;
4.1.2 menuliskan isi teks cerita moral/fabel;
4.1.3 menyampaikan  secara  lisan  dan  tulis  kejadian  sosial  di  masyarakat  dalam  teks  cerita moral/fabel.
4.2  Menyusun  teks  cerita moral/fabel  sesuai  dengan  karakteristik  teks  yang  akan  dibuat    baik  secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.2.1  membuat  langkah-langkah  penulisan  teks cerita moral/fabel  sesuai  dengan  struktur isi dan ciri bahasa;
4.2.2  menyusun teks cerita moral/fabel sesuai  dengan  karakteristik  teks  yang  akan  dibuat    baik  secara lisan maupun tulis.
4.3  Menelaah dan  merevisi teks cerita moral/fabel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis.
Siswa mampu:
4.3.1 menelaah dan merevisi  isi sesuai dengan struktur isi teks cerita moral/fabel;
4.3.2  menelaah dan merevisi  bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca;
4.3.3 menuliskan  hasil telaah teks cerita moral/fabel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis.
4.4  Meringkas teks cerita moral/fabel baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.4.1 membuat langkah-langkah meringkas teks cerita moral/fabel;
4.4.3 mentukan hal-hal penting dari teks cerita moral/fabel yang akan diringkas baik secara lisan maupun tulis;
4.4.2 meringkas teks cerita moral/fabel dari struktur isi dan fitur bahasa.


v  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat:
1.      menjelaskan struktur teks cerita moral/fabel dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
2.       menuliskan hasil perbandingan cerita moral/fabel lisan dan cerita moral/fabel tulis dengan jujur dengan  menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
3.      menjelaskan unsur kebahasaan teks cerita moral/fabel dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
4.      menyebutkan masing-masing tiga kelebihan dan kekurangan teks cerita moral/fabel  berdasarkan kaidah-kaidah teks dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
5.      menjelaskan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita moral/fabel dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
6.      menyusun teks cerita moral/fabel sesuai  dengan  karakteristik  teks  yang  akan  dibuat  baik  secara lisan maupun tulisan dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan tepat;
7.      menuliskan  hasil telaah teks cerita moral/fabel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan baik;
8.      meringkas teks cerita moral/fabel dari struktur isi dan fitur bahasa dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar.


1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini

About