STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN, KOMPETENSI INTI, DAN KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VIII
DIMENSI
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakh-lak
mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi seca-ra efektif
dengan ling-kungan sosial dan alam dalam jangkauan per-gaulan dan
keberada-annya.
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa
Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis
|
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, Tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan
sudut pandang moral yang eksplisit
2.2 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan
semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
2.3 Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan
santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang
2.4 Memilikiperilaku jujur dan percaya diri dalam
mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam
pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain
|
||
PENGETAHUAN
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian yang tampak mata.
|
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulis
3.2 Membedakan
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulis
3.3 Mengklasifikasi
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulis
3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipela-jari di sekolah atau
sumber lain yang sa-ma dengan yang diperoleh dari sekolah.
|
4.
Mencoba, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, me-rangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghi-tung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menangkap makna teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi, baik
secara lisan maupun tulis
4.2
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulis
4.3
Menelaah dan merevisi teks
cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis
4.4
Meringkas teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
secara lisan maupun tulis
|
HASIL TELAAH KI, KD, DAN
PENGEMBANGAN INDIKATOR SERTA PENGEMASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS VIII KURIKULUM 2013
v
INDIKATOR
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel baik melalui
lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.1.1
mengenali struktur isi teks cerita moral/fabel ;
3.1.2
mengenali ciri bahasa teks cerita moral/fabel;
3.1.4
mengidentifikasi teks cerita moral/fabel dengan
menggunakan bahasa Indonesia secara santun.
3.2 Membedakan teks cerita moral/fabel baik melalui lisan
maupun tulis
Siswa mampu:
3.2.1
membandingkan persamaan/perbedaan struktur isi dan
ciri bahasa dua teks cerita moral/fabel;
3.2.2
menuliskan hasil perbandingan cerita moral/fabel lisan dan cerita moral/fabel
tulis.
3.3 Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel baik melalui
lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.3.1
mengklasifikasi isi teks cerita moral/fabel;
3.3.2
mengklasifikasi unsur kebahasaan teks cerita moral/fabel;
3.3.3 menuliskan hasil klasifikasi cerita
moral/fabel baik lisan maupun tulis.
3.4 Mengidentifikasi kekurangan/kelebihan
teks cerita moral/fabel berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulis.
Siswa mampu:
3.4.1 menemukan
kekurangan teks cerita moral/fabel berdasarkan kaidah-kaidah teks;
3.4.2 menemukian
kata-kata kunci dari teks cerita moral/fabel;
3.4.3 menemukan
kelebihan teks cerita moral/fabel berdasarkan kaidah-kaidah teks .
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel baik
secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.1.1
menyimpulkan makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks cerita moral/fabel;
4.1.2 menuliskan
isi teks cerita moral/fabel;
4.1.3
menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian
sosial di masyarakat dalam teks cerita
moral/fabel.
4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel
sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.2.1
membuat langkah-langkah penulisan teks cerita moral/fabel
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa;
4.2.2 menyusun teks cerita moral/fabel sesuai dengan
karakteristik teks yang
akan dibuat baik
secara lisan maupun tulis.
4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita
moral/fabel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulis.
Siswa mampu:
4.3.1 menelaah dan
merevisi isi sesuai dengan struktur isi teks cerita moral/fabel;
4.3.2 menelaah dan merevisi bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca;
4.3.3
menuliskan hasil telaah teks cerita
moral/fabel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulis.
4.4 Meringkas teks cerita moral/fabel baik secara
lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.4.1 membuat
langkah-langkah meringkas teks cerita moral/fabel;
4.4.3 mentukan
hal-hal penting dari teks cerita moral/fabel yang akan diringkas baik secara
lisan maupun tulis;
4.4.2 meringkas
teks cerita moral/fabel dari struktur isi dan fitur bahasa.
v TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran selesai, siswa dapat:
1.
menjelaskan
struktur teks cerita moral/fabel dengan jujur menggunakan bahasa indonesia
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
2.
menuliskan hasil perbandingan cerita
moral/fabel lisan dan cerita moral/fabel tulis dengan jujur dengan menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
3.
menjelaskan
unsur kebahasaan teks cerita moral/fabel dengan jujur menggunakan bahasa
indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
4.
menyebutkan
masing-masing tiga kelebihan dan kekurangan teks cerita moral/fabel berdasarkan kaidah-kaidah teks dengan jujur
menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
5.
menjelaskan
makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita moral/fabel dengan jujur
menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
6.
menyusun
teks cerita moral/fabel sesuai
dengan karakteristik teks
yang akan dibuat
baik secara lisan maupun tulisan
dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dengan tepat;
7. menuliskan hasil
telaah teks cerita moral/fabel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan baik;
8. meringkas teks cerita moral/fabel dari struktur isi dan
fitur bahasa dengan jujur menggunakan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa dengan benar.
Terima kasih :)
BalasHapus