Pages

Selasa, 21 April 2015

RINGKASAN BUKU KETERAMPILAN MEMBACA GUNTUR TARIGAN


KETERAMPILAN MEMBACA     



Oleh :
MUH. HARJUM NURDIN
(1351040007)
Kelas : A (Pendidikan)





PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014-2015

BAB SATU
Tinjauan Umum
A.    Pengertian Batasan Membaca
          Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Kalau hal ini tidak terpenuhi, pesan yang tersurat dan yang tersirat tidak akan tertangkap atau dipahami, dan proses membaca itu tidak terlaksana dengan baik (Hodgson 1960 : 43 – 44). Dari segi linguistik, membaca adalah suatu proses penyandian kembali dan pembacaan sandi (a recording and decoding proses), berlainan dengan berbicara dan menulis yang justru melibatkan penyandian (encoding). Sebuah aspek pembacaan sandi (decoding) adalah menghubungkan kata-kata tulis (written word) dengan makna bahasa lisan (oral language meaning) yang mencakup pengubahan tulisan/cetakan menjadi bunyi yang bermakna (Anderson 1972 : 209 – 210).
B.     Tujuan Membaca
            Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahamimakna bacaan. Berikut beberapa yang penting tujuan membaca:
a.       Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta.
b.      Membaca untuk memperoleh ide-ide utama.
c.       Membaca untuk mengetahuai urutan atau susunan organisasi cerita.
d.      Membaca untuk menyimpulkan, membaca inferensi.
e.       Membaca untuk mengelompokkan, membaca untuk mengklasifikasikan.
f.       Membaca menilai, membaca mengevaluasi.
g.      Membaca untuk memeperbandingkan atau mempertentangkan.

C.    Membaca sebagai Suatu Keterampilan
            Keterampilan membaca mencakup tiga komponen, yaitu:
a.       Pengenalan terhadap aksara serta tanda-tanda baca.
b.      Korelasi aksara beserta tanda-tanda baca dengan unsur-unsur linguistik yang formal.
c.       Hubungan lebih lanjut dari A dan B dengan makna atau meaning.

D.    Aspek-aspek Membaca
            Secara garis besar, ada dua aspek penting dalam membaca, yaitu:
a.       Keterampilan bersifat mekanis yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih rendah.
b.      Keterampilan bersifat pemahaman yang dapat dianggap berada pada urutan yang paling tinggi.

E.     Mengembangkan Keterampilan Membaca
            Usaha yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan membaca itu, antara lain:
a.       Guru dapat menolong para pelajar memperbanyak atau memperkaya kosakata mereka dengan jalan-jalan.
b.      Guru dapat dapat membantu para pelajar untuk memahami makna struktur-struktur kata, kalimat, dan sebagainya.
c.       Guru dapat memberikan serta menjelaskan kawasan atau pengertian kiasan, sindiran, ungkapan, pepatah, peribahasa, dan lain-lain dlam bahasa daerah atau bahasa ibu parah pelajar.
d.      Guru dapat menjamin serta memastikan pemahaman para pelajar dengan berbagai cara.
e.       Guru dapat meningkatkan kecepatan membaca para pelajar.

F.     Tahap-tahap Perkembangan Pelajar
            Tahap-tahap dalam pengajaran dan pelajaran membaca, yaitu:
Tahap I
Para pelajar disuruh membaca bahan yang telah mereka pelajari, mengucapkannya dengan baik atau bahan yang telah mereka ingat. Pada tahap-thap permulaan, kata-kata atau kelompok kata dari bacaan dapat ditempatkan pada kartu-kartu demi penggunaan yang lebih praktis atau efisien.
Tahap II
Para pelajar dibimbing serta dibantu dalam membaca bahan yang baru disusun yang mengandung unssur-unsur yang sudah biasa bagi mereka.


Tahap III
Para pelajar mulai membaca bhan yang berisi sejumlah kata dan struktur yang masih asing bagi mereka.
Tahap IV
Beberapa spesiaalis dalam bidang membaca menganjurkan penggunaan teks-teks sastra yang telah disederhanakan atau majalah-majalah sebagai bacaan pada tahap ini.
Tahap V
Bahan bacaan tidak dibatasi. Seluruh dunia buku terbuka bagi pelajar.
Dalam mengajar membaca membaca pada tahap III dan tahap IV, guru kan melihat betapa perlunya untuk:
a.       Membagi bacaan buat hari itu menjadi dua atau tiga sesi.
b.      Memberi motivasi terhadap bacaan.
c.       Menyatakan maksud dan tujuan membaca.
d.      Menjelaskan kesukaran dalam bagian pertama.
e.       Membaca paragraf. Guru dapat mempergunakan teknik A atau teknik B.
Teknik A
            Bacalah setiap baris dengan nyaring, dalam kelompok-kelompok pikiran normal yang logis dan wajar.ajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana untuk setiap baris.
Teknik B
            Bacalah seluruh bagian itu dengan nyaring. Kemudian suruh para pelajar membacanya dalam hati.
Menghasilkansebuah rangkuman yang lengkap dari bacaaan pada hari itu.
Melibatkan seluruh kelas dalam kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan.
Memberi tugas membaca paragraf di rumah sebagai bahan studi mereka.
(Finocchiara and Bonomo, 1973L125-127)


BAB DUA
MEMBACA NYARING

A.      PENGERTIAN
Ditinjau dari segi terdengar atau tidaknya suara pembaca waktu dia membaca, proses membaca dapat dibagi atas:
1.      Membaca nyaring, membaca bersuara, dan membaa lisan.
2.      Membaca dalam hati.
Pada membaca dalam hati, kita hanya mempergunakan ingatan visual (visual memory). Dalam hal ini, yang aktif adalah mata nyaring (pandangan; penglihatan) dan ingatan. Sedangkan pada membaca nyaring, selain penglihatan dan ingatan, juga turut aktif auditory memory( ingatan pendengaran) dan motor memory (ingatan yang bersangkut paut dengan otot-otot kita). (Moulton 1970 : 15).
       Membaca nyaring adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang merupakan alat bagi guru, murid, ataupun pembaca bersama-sama dengan orang lain atau pendengar untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran, dan perasaan seseorang pengarang. Membaca nyaring yang baik menuntut agar pembaca agar pembaca memiliki kecepatan mata yang tinggi serta pandangan mata yang jauh, karena dia haruslah melihat pada bahan bacaan untuk memelihara kontak mata dengan pendengar.
        Kegiatan lisan ini memang sangat bermanfaat bagi anak-anak kalau maksud serta tujuan membaca nyaring itu diarahkan benar-benar serta berguna bagi mereka. Dalam kegiatan ini, menyimak tidak dapat dikesampingkan, dan maksud serta tujuan penyimakan adalah memahami yang dibacakan orang. Membaca nyaring adalah sebuah pendekatan yang dapat memuaskan serta memenuhi berbagai ragam tujuan serta mengembangkan sejumlah keterampilan serta minat . Oleh karena itu, dalam mengajarkan keterampilan-keterampilan membaca nyaring, guru harus memahami proses komunikasi dua arah. Lingkaran komunikasi belumlah lengkap kalau pendengar belum memberi tanggapan secukupnya terhadap pikiran atau perasaan yang dieksperesikan oleh pembaca. Memang tanggapan tersebut mungkin hanya dalm hati, tetapi bersifat apresiatif, mempunyai nilai apresiasi yang tinggi (Dawson (et al) 1963 : 215 – 216).
             Demikianlah, nyata kepada kita bahwa membaca nyaring merupakan suatu keterampilan yang serba rumit, kompleks, dan banyak seluk beluknya. Pertama- tama, pengertian terhadap aksara diatas halaman kertas dan sebagainya, kemudian memproduksikan suara yang tepat dan bermakna. Oleh karena itu, khusus dalam pengarjaran bahasa asing, aktivitas membaca nyaring lebih dekat atau lebih ditujukan pada ucapan ( Pronounciation) daripada ke pamahamn (Comprehension). Mengingat hal tersebut, bahan bacaan haruslah dipilih yang mengandung isi dan bahasa yang relatif mudah dipahami (Brougthon (et al) 1978: 91).
            Agaknya, sukar dibantah bahwa membaca adalah sumber utama bagi ilmu pengetahuan. Walaupun harus diakui bahwa membaca itu sangat bermanfaat, tetapi sangat disayangkan bahwa masih terdapat juga apa yang disebut’’poor readers’’ (pembaca yang bermutu rendah) pada profesi-profesi intlektual yang sangat tinggi sekalipun.
       Diawal, telah diutarakan mengenai pengertian serta manfaat membaca nyaring. Kalau kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari,kita harus sadar serta mengakui bahwa sebenarnya kegunaan keterampilan membaca nyaring memang sangat terbatas. Sesungguhnya, sedikit orang yang terlibat atau dituntut untuk membaca nyaring sebagai kegiatan rutin setiap hari, seperti penyiar radio, pembicara televisi, pendeta, pastor, ulama, atau aktor. Demikianlah, dari seegi mayoritas, kegunaan atau kepentingannya memang terbatas benar- benar. (Broughton (et al) 1978 : 92).

B.       KETERAMPILAN- KETERAMPILAN YANG DITUNTUT DALAM MEMBACA NYARING
Daftar keterampilan berikut ini sangat menolong para guru dalam menjalankan tugasnya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam membaca nyaring.

Kelas I:
1.      Mempergunakan ucapan yang tepat;
2.      Mempergunakan frase yang tepat (bukan kata demi kata);
3.      Mempergunakan intonasi suara yang wajar agar makna mudah terpahami;
4.      Memiliki perawakan dan sikap yang baik serta merawat  buku dengan baik;
5.      Menguasai tanda-tanda baca sederhana, seperti;
Titik (.),dan  Koma (,), tanda tanya (?), tanda seru (!).
Kelas II:
1.      Membaca dengan terang dan jelas;
2.      Membaca dengan penuh perasaan, ekspresi;
3.      Membaca tanpa tertegun-tegun, tanpa terbata-bata.
Kelas III:
1.      Membaca dengan penuh perasaan, ekspresi;
2.      Mengerti serta memahami bahan bacaan.
Kelas IV:
1.      Memahami bahan bacaan pada tingkat dasar;
2.      Kecepatan mata dan suara : 3 patah kata dalam satu detik.
Kelas V:        
1.      Membaca dengan pemahaman dan perasaan;
2.      Aneka kecepatan membaca nyaring bergantung pada bahan bacaan;
3.      Dapat membaca tanpa terus-menerus melihat pada bahan bacaan.
Kelas VI:
1.      Membaca nyaring dengan penuh perasaan atau ekspresi;
2.      Membaca dengan penuh kepercayaan (pada diri sendiri) dan mempergunakan frase atau susunan kata yang tepat.
C.      PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING
Seorang pembaca nyaring yang baik biasanya berhasrat sekali menyampaikan sesuatu yang penting kepada para pendengarnya. Sesuatu yang penting tersebut dapat berupa informasi yang baru, sesuatu pengalaman yang berharga, uraian yang jelas, karakter yang menarik hati, sekelumit humor yang segar, atau sebait puisi.
     Agar dapat membaca nyaring dengan baik, sang pembaca haruslah menguasai keterampilan-keterampilan persepsi (penglihatan dan daya tanggap) sehingga dia mengenal/memahami kata-kata dengan cepat dan tepat. Untuk membantu para pendegar menangkap serta memahami maksud pengarang, pembaca biasanya mempergunakan berbagai cara, antara lain:
1.      Dia menyoroti ide-ide baru dengan mempergunakan penekanan yang jelas;
2.      Dia menjelaskan perubahan dari satu ide ke ide lainya;
3.      Dia menerangkan kesatuan-kesatuan kata-kata yang tepat dan baik;
4.      Menghubungkan ide-ide yang bertautan dengan jalan menjaga suaranya agar tinggi sampai akhir dan tujuan tercapai;
5.      Menjelaskan klimaks-klimaks dengan gaya dan daya ekspresi yang baik dan tepat.

Sumber
Tarigan, Henri Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.










BAB TIGA
MEMBACA DALAM HATI

A.    Pengantar
Pada saat membaca dalam hati, kita harus menggunakan ingatan visual (visual memory), yang melibatkan pengaktifan mata dan ingatan. Tujuan utama membaca dalam hati (silent reading) adalah untuk memperoleh informasi. Berdasrkan konsep bahwa setiap anak, setiap orang harus tahu mencari sendiri, memilih snediri, melangkah sendiri, maju sendiri, program membaca perorangan ini merupakan satu bagian dari program keseluruhan yang mungkin mencakup program dasar pengajaran perorangan dan pendekatan pengalaman bahasa (Barbe and Abbott, 1974:23). Progam membaca perorangan menganut suatu falsafah yang megatakan “You learn to read by reading” atau “Anda belajar membaca dengan (jalan) membaca”. (Barbe and Abbott, 1975:26).
Dalam garis besarnya, membaca dalam hati dapat dibagi atas membaca ekstensif dan membaca intensif.
B.     Membaca Ekstensif
Membaca ekstensif berarti membaca secara luas objeknya meliputi sebanyak mungkin teks dalam waktu yang sesingkat mungkin. Membaca ekstensif ini meliputi pula:
1.      Membaca survei (survey reading)
Sebelum kita mulai membaca, kita mensurvei bahan bacaan yang akan dipelajari, yang akan ditelaah dengan jalan:
a)      Memeriksa, meneliti indeks-indeks, daftar kata-kata yang terdapat dalam buku-buku,
b)      Melihat-lihat, memeriksa, meneliti judul-judul bab yang terdapat dalam buku-buku yang bersangkutan, dan
c)      Memeriksa, meneliti bagan, skema, outline buku yang bersangkutan.
2.      Membaca sekilas (skimming)
Membaca sekilas atau skimming adalah sejenis membaca yang membuat mata kita bergerak dengan cepat melihat, memerhatikan bahan tertulis untuk mecari serta mendapatkan informasi dan penerangan.ada tiga tujuan utama dalam membaca sekilas, yaitu:

a)      Memperoleh kesan umum
Bila kita ingi memperoleh suatu kesan umum dari seesuatu buku nonfiksi kita dapat mempelajari sifat hakikat dan jangkauan buku tersebut, susunan atau organisasinya, dan sikap umum penulis serta pendekatannya terhadap bahan atau subjek pembicaraan. Kita dapat memperoleh kesan umum dari suatu novel dengan jalan mengadakan pandangan sekilas serta menaruh perhatian tertentu pada bagian tertentu sambil jalan. Kita dapat membaca sekilas pada artikel dalam majalah atau rencana dalam surat kabar dengan cara membaca pertama kali paragraf awal dan paragraf akhir.
b)      Menemukan hal tertentu
Petunjuk-petunjuk berikut ini dapat menolong kita dalam usaha mendapatkan informasi yang tepat dan cepat.
1)      Tentukan dengan jelas hal/fakta apa ynag hendak dicari/sediakan pertanyaan yang akan dijawab.
2)      Siapkan/ingat kata atau kata-kata yang paling tepat dipakai untuk menunjuk hal itu.
3)      Bila kita mencari informasi dalam suatu buku, baik kita melihat apakah kata atau detail tersebut dicantum dalam ineks. Kalau tidaka ada, carilah dibawah subjek yang lebih luas yang mungkin mencakup bahan atau subjek tersebut.
4)      Liriklah setiap halaman dengan cepat hanya umtuk mencari kata atau detail yang diinginkan.
c)      Menemukan bahan dalam perpustakaan
Bila kita menemukan sebuah kata yang mungkin berguna, selanjutnya lihatlah pada daftar isi dan daftar kata-kata untuk menemukan/menentukan apakah buku tersebut memuat hal-hal yang kita kehendaki. Liriklah halaman demi halaman dengan cepat mencari bahan yang ada sangkut pautnyadengan cara membaca sekilas, ubahlah cara membaca kita. Bacalah bahan itu dengan teliti, catatlah hal-hal yang penting serta fakta-fakta penunjang.
3.      Membaca dangkal
Membaca dangkal atau superficial reading pada dasarnya berttujuan memperoleh pemahaman yang dangkal yang bersifat luaran, yang tidak mendalam dari suatu bahan bacaan. Membaca spesifik/superficial ini biasanya dilakukan bila kita membaca demi kesenangan, membaca bacaan ringan yang mendatangkan kebahagiaan.
C.     Membaca Intensif
Membaca intensir atau intensive reading adalah stidi saksama telaah teliti, dan penanganan terprinci yang dilaksanakan di dalam kelas terhadap suatu tugas yang pendek kira-kira dua sampai empat halaman setiah hari. Kuesioner, latihan pola-pola kalimat, latihan kosakata, telaah kata-kata, dikte, dan diskusi umum merupakan bagian dan teknik membaca intensif. Yang termasuk ke dalam kelompok membaca intensif ini, ialah:
1.      Membaca telaah isi (content study reading), dan
2.      Membaca telaah bahasa (linguistik studi reading).
Tujuan utama membaca intensif adalah untuk memperoleg sukses dalam pemahaman penuh terhadap argument-argument yang logis, urutan-urutan retoris atau pola-pola teks, pola-pola simbolisnya; nada-nada tambahan yang bersifat emosional dan sosial, pola-pola sikap dan tujuan sang pengarang, serta saran-ssaran linguisstik yang dipergunakan untuk mencapai tujuan.
D.    Membaca yang Dituntut pada Membaca dalam Hati
Keterampilan yang dituntut pada setiap sekolah dasar khusus pada membaca dalam hati agar tujuan dapat dicapai.
o   Kelas I
1.      Membaca tanpa bersuara, tanpa gerakan-gerakan bibir, dan tnapa berisik;
2.      Membaca tanpa gerakan-gerakan kepal.
o   Kelas II
1.      Membaca tanpa gerakan bibir atau kepala;
2.      Membaca lebih cepat secara dalam hati daripada secara bersuara.
o   Kelas III
1.      Memahami dlaam hatitanpa menunjuk-nunjuk dengan jari, tanpa gerakan bibir;
2.      Memahami bahan bacaan yang dibaca secara diam atau seraca dalam hati;
3.      Lebuh cepat membaca dalam hati daripada membaca bersuara.
o   Kelas IV
1.      Mengerti serta memahami bahan bacaan pada tingkat dasar;
2.      Kecepatan mata membaca tiga kata per detik.
o   Kelas V
1.      Membaca dlam hati jauh lebih cepat daripada membaca bersuara;
2.      Membaca dengan pemahaman yang baik;
3.      Membaca tanpa gerakan-gerakan bibir atau kepala atau menunjuk-nunjuk dengan jari tangan;
4.      Menikmati bahan bacaan yng dibaca dalam hati itu; senang membaca dalam hati.
o   Kelas VI
1.      Membaca tanpa gerakan bibir; tanpa komat-kamit;
2.      Dapat menyesuaikan kecepatan membaca dengan tingkat kesukaran yang terdapat dalam bahan bacaan;
3.      Dapat membaca 180 patah kata dalam satu menit pada bacaan fiksi pada tingkat dasar.
(Barbe and Abbott, 1975:156-167)



BAB EMPAT
MEMBACA TELAAH ISI

A.    Membaca Teliti
Sama pengertiannya dengan membaca sekilas,  kita acap kali perlu membaca dengan teliti bahan-bahan yang kita sukai. Jenis membaca telitti ini menurut suatu pertukaran atau pembalikan pendidikan yang menyeluruh. Membaca teliti membutuhkan sejumlah keterampilan, antara lain: (1)survei yang cepat untuk memperhatikan / melihat organisasi dan pendekatan umum; (2)membaca secara seksama dan membaca ulang paragraf-paragraf untuk menemukan kalimat-kalimat judul dan perincian-parincian penting; (3) penemuan hubungan setiap paragraf dengan keseluruhan tulisan atau artikel.
1.      Membaca paragraf dengan pengertian
Suatu paragraf yang tertulis rapi biasanya mengandung sebuah pikiran pokok (atau central thought). Kadang-kadang, kata pikiran pokok tersebut diekspresikan dalam suatu kalimat judul (atau topic sentence) pada awal paragraf. Perlu diketahui bahwa  terdapat sejumlah cara untuk mengembangkan pikiran pokok suatu paragraf, antara lain: (a)dengan mengemukakan alasan-alasan; (b) dengan mengutarakan perincian-perincian ; (c) dengan mengetengahkan satu atau lebih contoh; (d) dengan mempertentangkan dua hal.
2.      Membaca pilihan yang lebih panjang
Kemampuan untuk menghubung-hubungkan paragraf-paragraf tunggal dan kelompok-kelompok paragraf dengan penggalan keseluruhan tulisan sangat penting dalam membaca teliti begitupun kemampuan untuk membeda-bedakan, antara paragraf yang memuat ide-ide dan menerangkan ide-ide pada paragraf  terdahulu.
3.      Membuat catatan
Sebagai tambahan untuk nilai itu sendiri, proses aktual pembuatan catatan tersebut akan membantu kita dalam tiga hal pentingyaitu: (a) mnolong kita untuk memahami apa yang kita baca  atau kita dengar; (b) membuat kita terus-menerus mencari fakta-fakta dan ide-ide yang penting; (c) membantu ingatan kita. Mencatat fakta-fakta serta ide yang penting akan menanamkan kesan yang mendalam pada ingatan kita.
4.      Dalam kelas
Dalam situasi seperti itu, perlu diperhatikan hal-hal berikut yang dapat menolong Anda membuat catatan yang bermanfaat. (a) Jangan berusaha mencatat atau merekam segala sesuatu yang dikatakan oleh guru; (b) dengarkanlah benar-benar isyarat yang diberikan oleh guru; (c) usahakan memperoleh bahan yang terlewat dari siapa saja; (d) secepat mungkin perhatikan kembali catatan untuk memasukkan fakta dan ide.
5.      Menelaah tugas
Agar pelajaran yang telah dibarikan mantap serta lebih dipahami maka guru biasanya memberikan tugas dan agar siswa mampu menelaah tugas mereka dibiasakan dengan cara studi SQ3R. Perlu dijelaskan bahwa SQ3R adalah suatu metode studiyan g mencakup lima tahap: survey, question, read, recite, review.
6.      Membaca Pemahaman
Membaca pemahaman (reading for understanding) yang dimaksud disini adalah sejenis bacaan yang bertujuan untuk memahami: (1) standar-standar atau norma-norma kesastraan; (2) resensi kritis; (3) drama tulis; dan (4) pola-pola fiksi.
7.      Membaca Kritis
Kemampuan membaca pemahaman merupakan dasar dari membaca kritis . membaca kritis adalah sejenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatuf, serta analitis, dan bukan hanya menvari kesalahan. Manfaat yang dapat dipetik dari membaca kritis ialah: Pertama, haruslah dipahami benar-benar bahwa membaca kritis meliputi panggilan lebih mendalam di bawah permukaan. Kedua, membaca kritis merupakan modal utama bagi para Mahasiswa untuk mendapatkan / mencapai kesuksesan dalam studinya. Pada umumnya membaca kritis (membaca interpretatif ataupun membaca kreatif) menuntut para pembaca agar: (1) memahami maksud penulis; (2) memahami organisasi dasar tulis; (3) dapat menilai penyajian penulis / pengarang; (4) dapat menerapkan prinsip-prinsip kritis pada bacaan sehari-hari; (5) meningkatkan minat baca, kemampuan baca, dan berpikir kritis; (6) memahami prinsip pemilihan bahan bacaan; (7) membaca majalah / publikasi-publikasi periodik yang serius.
8.      Membaca Ide
Yang dimaksud membaca ide adalah sejenis kegiatan membaca yang ingin mencari, memperoleh, serta memenfaatkan ide-ide yang terdapat pada bacaan. Lebih terperinci lagi. Agar dapat mencari serta menemukan ide-ide yang terkandung dalam bacaan kita harus menjadi pembaca yang baik atau a good reader. Berikut akan diperbincangkan apa yang disebut membaca yang baik.
1.      Pembaca yan g baik tahu mengapa ia membaca.
Syarat pertama bagi setiap pembaca yang baik ialah bahwa ia tahu atau sadr mengapa ia membaca. Dua hal maksud yang paling umum ialah : (1) mencari informasi; (2) menikmati bacaan.
2.      Pembaca yang baik memahami apa yang dibacanya.
Syarat kedua bagi setiap pembaca yang baik ialah memahami benar-benar apa yang dibacanya. Pertama-tama hal ini menuntut perhatian atau konsentrasi dan suatu kemampuan yang erat sekali berhubungan dengan maksud.
3.      Pembaca yang baik harus menguasai kecepatan membaca.
Syarat ketiga bagi setiap pembaca ialah memiliki ragam kecepatan membaca, dapat menyesuaikan dengan sifat cetakan yang menuntut perhatiannya.
4.      Pembaca yang baik harus mengenal media cetak.
Syarat keempat yang harus dimiliki oleh pembaca yang baik ialah ia harus mengenal bentuk-bentuk kontemporer  media cetak, yang melipiti: (a) papersbacks (buku saku, buku berjilid tipis, kulit kertas); (b) media grafika (komik, kartun, foto, dan lain-lain); (c) majalah; (d) surat kabar.
Dalam bentuk kontemporer media cetak tersebut terpendan ide-ide kontemporer yang dapat kita manfaatkan demi kemajuan hidup kita, merupakan sumber yang tidak kunjung kering dengan bahan yang selalu segar.

Sumber
Tarigan, Henri Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
















BAB LIMA
MEMBACA TELAAH BAHASA

A.      PENDAHULUAN
Pada bab ini akan diperbincangkan satu jenis lagi membaca intensif, yaitu membaca telaah bahasa atau languagestudy reading. Pada hakikatnya, segala sesuatu terlebih-lebih sesuatu yang kongret itu terdiri atas bentuk dan isi, atau from and meaning,atas jasmani dan rohani. Begitu pula dengan bacaan, yng terdiri atas isi (countent) dan bahasa (launguage).
Membaca telaah bahasa mencakup pula: (1) Membaca bahasa (asing) atau (foreign) language reading; (2) Membaca sastra (literary reading)
Berikut ini kan dibahas satu persatu.

B.       MEMBACA BAHASA
Tujuan utama pada membaca bahasa adalah:
a.    Memperkaya Daya Kata
Dalam kegiatan membaca bahasa untuk memperbesar daya kata, ada beberapa hal yang harus kita ketahui, antara lain: (1)  Ragam-ragam bahasa; (2) Mempelajari makna kata dari konteks; (3) Bagian-bagian kata; (4) enggunaan kamus; (5) Makna-makna varian; (6) Idiom; (7) Sinonim dan antonim; (8) Konotasi dan denotasi; dan (9) Derivasi.
b.    Mengembangkan Kosa kata kritik
Dalam upaya mengembangkan kosa kata kritik ini, kita perlu mengetahui beberapa hal, antara lain: a) Bahasa kritikan sastra; b) Memetik makna dari konteks; c) Petunjuk-petunjuk konteks;
C.      MEMBACA SASTRA
Dalam Bab 5 subbab C ini, kita pusatkan pada penggunaan bahasa dalam karya sastra. Apabila seorang pembaca dapat memgenal serta mengerti seluk-beluk bahasa dalam suatu karya sastra, semakin mudahlah dia memahami isinya serta menikmati keindahannya. Untuk ini paling sedikit, seorang pembaca harus dapat membedakan bhasa ilmiah dan bahasa sastra; dia harus mengenal serta memahami jenis-jenis gaya bahasa, figurative language, atau figurative use of words.
1.        Bahasa Ilmiah dan Bahasa Sastra
Memperbincangkan perbedaan penggunaan bahasa  dalam karya ilmiah dan karya sastra, kita pada adasarnya memperbincangkan seseorang masalah konotasi dan denotasi dalam kegiatan menulis. Laporan-laporan penelitian dalam bidang kimia dan fisika hampir seluruhnya tertulis dalam kata-kata denotatif, karena laporan-laporan tersebut mengemukakan fakta, bukan perasaan. Sebaliknya , kalau kita menulis cerita-cerita pendek, puisi, atau pidato untuk umum, kita biasanya mempergunakan kata-kata konotatif, karena tulisan-tulisan seperti itu acapkali menggarap hal-hal yang berhubungan dengan emosi dan nilai-nilai. Dapat disimpulkan bahwa bahasa ilmiah, pada umumnya bersifat denotatif; dan bahasa sastrapada umumnya bersifat konotatif.
2.        Gaya Bahasa
Kekonotatifan bahasa sastra melibatkan emosi-emosi dan nilai-nilai. Dalam membaca karya sastra, kita harus terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan mengenai gaya bahasa. Dengan pengenalan serta pemahaman sejumlah gaya bahasa, kita akan lebih mantap lagi menikmati keindahan karya sastra tersebut.
Pembicaraan mengenai gaya bahasa ini akan kita batasi pada hal-hal yang umum saja, antara lain: a) Perbandingan, yang mencakup metafora, kesamaan, dari analogi; b) Hubungan, yang mencakup metoninia, dan sinekdoke; c) Taraf pernyataan, yang mencakup hiperbola, litotes, dan ironi (Perrin; 1968 : 350-3).
Walaupun mungkin kita tidak menyadarinya, kita mempergunaan bahasa figuratif atau gaya bahasa dalam percakapan setiap waktu. Praktis semua tulisan, karya-karya referensi, karya-karya ilmiah, atau paper-paper kesarjanaan, mempergunakannya. Apabila dipergunakan dengan tepat untuk membuat ekspresi kita lebih tepat, lebih menarik hati, atau lebih efektif, gaya bahasa merupakan sumber daya yang amat penting dalam menulis. Sebagai pembaca yang baik, kita harus memehaminya benar-benar.
a.         Perbandingan
Gaya bahasa metafora, kesamaan, dan analogi sama-sama membuat komparasi atau perbandingan, tetapi dengan cara-cara yang berbeda.
a)        Metafora adalah sejenis gaya bahasa perbandingan yang paling singkat, padat, tersusun rapi. Di dalamnya, terlibat dua ide: yang satu adalah suatu kenyataan dan, sesuatu yang dipikirkan, yang menjadi objek; dan yang satu lagi merupakan perbandingan terhadap kenyataan tadi; dan kita menggantikan yang belakangan ini menjadi yang terdahulu tadi. Contoh:
“Nani adalah gadis ramah tetapi sukar di dekati, sukar ditebak isi hatinya”.Diganti dengan:“Nani jinak-jinak merpati
b)        Kesamaanberbeda dari metafora dalam hal: Kalau metafora menyatakan secara tidak langsung adanya kesamaan antara dua hal, gaya bahasa kesamaan atau persamaan menyatakan serta menegaskan bahwa yang satu sama dengan yang lain; biasanya mempergunakan kata-kata sepertiatau sebagaidan sejenisnya. Suatu gaya bahasa kesamaan adalah suatu komparasi antara dua hal atau benda yang pada dasarnya tidak sama, tetapi mungkin saja secara menyolok sama dalam beberapa hal, yang menjelaskan maksud utama penulis.
c)        Analogi, agak berlainan dengan metafora dan kesamaan, biasanya melihat beberapa titik persamaan, bukan hanya satu saja.
b.    Hubungan
Sinekdoke dan metonimia termasuk gaya bahasa hubungan; kedua-duanya mengantikan nama sesuatu dengan yang lainnya yang ada hubungannya. Sinekdoke memberikan nama suatu bagian apabila yang dimaksud adalah keseluruhan; atau sebaliknya: keseluruhan pengganti sebagian. Contoh; Berjuta-juta mulut  harus diberi makan oleh pemerintah.
c.    Pernyataan
Dari segi tarafnya, pernyataan ini terbagi atas tiga jenis, yaitu:(1) Pernyataan yang berlebih-lebihan (overstatement; atau hiperbola); (2) Pernyataan yang dikecil-kecilkan (litotes);  (3) Ironi.
Hiperbola adalah sejenis gaya bahasa yang mengandung pernyataan yang berlebih-lebihan. Contoh:
Sepurnah sekali, tiada kekurangan suatu apapun buat pengganti baik atau cantik.
Litotes, kebalikan dari hiperbola, adalah sejenis gaya bahasa yang mengandung pernyataan yang dikecil-kecilkan, dikurangi dari kenyataan yang sebenarnya, misalnya untuk merendahkan diri. Contoh:
H.B. Jassin bukan kritikus jalanan.
Ironi adalah sejenis gaya bahasa yang mengimplikasikan (menyatakan secara tidak langsung) sesuatu yang nyata berbeda, bahkan ada kalanya bertentangan dari apa yang sebenarnya dikatakan itu. Contoh : Suatu revolusi senantiasa dibedakan oleh ketidaksopansantunan, barangkali karena penguasa tidak mau bersusah-susah dalam hal yang baik untuk mengajar orang-orang sikap-sikap yang terpuji. (Perrin; 1968 : 353)

Sumber
Tarigan, Henri Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini

About