Post 6-April-2015
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Indonesia Kelas
VII Kurikulum 2013
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di
tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan
dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam
menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.2 Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam
membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh
makna
2.3 Memiliki perlaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam
mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada
masyarakat
2.4 Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan
langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
2.5 Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam
merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks
yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
0 komentar:
Posting Komentar