Pages

Senin, 07 Maret 2016

Telaah KI,KD, dan Pengembangan Indikator serta Pengemasan Tujan Pembelajaran SMP Kelas IX Kurikulum 2013



Tugas Individu Telaah Kurikulum dan Buku Teks
Telaah KI,KD, dan Pengembangan Indikator serta Pengemasan Tujan Pembelajaran SMP Kelas IX Kurikulum 2013

Dosen Pengampu:
       Dr. Akmal Hamsa, S.Pd. M.Pd.



 


    
                                                   
                                                     Oleh:
                             Muh. Harjum Nurdin                  
                                     1351040007
              Kelas A (Pendidikan)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2015
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, KOMPETENSI INTI, DAN KOMPETENSI
DASAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KELAS: IX KURIKULUM 2013
DIMENSI
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
SIKAP
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkau-an pergaulan dan keberadaannya.
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anuge-rah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan & tulis
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anuge-rah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan & tulis
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, Tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks budaya masyarakat
2.2 Memiliki perilaku cinta tanah air & semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan & nilai-nilai budaya
2.3  Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis
3.2    Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis
3.3    Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis
3.4   Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis
KETERAMPILAN
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipela-jari di sekolah atau sumber lain yang sa-ma dengan yang diperoleh dari sekolah.
4.  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, & rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis
4.4 Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis

HASIL TELAAH KI, KD, DAN PENGEMBANGAN INDIKATOR SERTA PENGEMASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS IX  KURIKULUM 2013
ü  INDIKATOR
3.1  Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
       baik melalui lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.1.1  menentukan kata-kata kunci dari isi teks eksemplum, tanggapan kritis,  tantangan,dan rekaman percobaan baik lisan maupun tulis;
3.1.2  mengurai isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik lisan maupun tulis;
3.1.3  menjelaskan isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik lisan maupun tulis.  
3.2  Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis
           Siswa mampu:
3.2.1  mengidentifikasi perbedaan struktur  isi dan  ciri  bahasa teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis;
3.2.2  menuliskan hasil perbandingan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis;
3.2.3    menelaah perbedaan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis.
3.3 Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis.
Siswa mampu:
3.3.1  menentukan isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis;
3.3.2  membagi unsur kebahasaan antara teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis;
3.3.3  menuliskan hasil klasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis.
3.4  Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis
Siswa mampu:
3.4.1 menelusuri kekurangan isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis;
3.4.2 menganalisis kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks;
3.4.3  menjabarkan kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks.
4.1  Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, & rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.1.1 menemukan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksempulum,  tanggapan, & rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis;
4.1.2 mengenali isi teks eksempulum, tanggapan, & rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis;
4.1.3 menyampaikan secara  lisan  dan  tulis  makna ungkapan dalam teks eksempulum, tanggapan, & rekaman percobaan.
4.2  Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis
Siswa mampu:
4.2.1  membuat  langkah-langkah  penulisan  teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis;
4.2.2  menuliskan isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis;
4.2.3   menganalisis teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis.
4.3  Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.3.1 menganalisis struktur dan kaidah isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis;
4.3.2  menelaah dan merevisi bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca;
4.3.3 menuliskan  hasil telaah teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis.
4.4  Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.4.1   membuat langkah-langkah meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan;
4.4.2 menentukan hal-hal penting dari teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis;
4.4.3 menuliskan hal-hal penting dari teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dari struktur isi dan fitur bahasa.

ü  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat:
1.    rasa syukur sebagai bahasa persatuan dalam menjelaskan struktur teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan maupun tulis dengan jelas;
2.     menuliskan hasil perbandingan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
3.    mengklasifikasi usur-unsur kebahasaan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
4.    menghargai keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam menyebutkan kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis berdasarkan kaidah-kaidah teks dengan benar;
5.    menjelaskan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
6.    mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik  teks  yang  akan  dibuat dengan penuh tanggung jawab baik  secara lisan maupun tulis dengan tepat;
7.    menuliskan  hasil telaah teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan tepat;
8.    mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur dari struktur isi dan fitur bahasa dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini

About