Tugas Individu Telaah
Kurikulum dan Buku Teks
“Telaah KI,KD,
dan Pengembangan Indikator serta Pengemasan Tujan Pembelajaran SMP Kelas IX
Kurikulum 2013”
Dosen Pengampu:
Dr. Akmal
Hamsa, S.Pd. M.Pd.
![]() |
Oleh:
Muh. Harjum Nurdin
1351040007
Kelas A (Pendidikan)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2015
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN, KOMPETENSI INTI, DAN KOMPETENSI
DASAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KELAS: IX KURIKULUM 2013
DIMENSI
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak
mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkau-an pergaulan dan
keberadaannya.
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anuge-rah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan & tulis
1.3
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anuge-rah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan & tulis
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, Tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki perilaku
jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian
dalam konteks budaya masyarakat
2.2 Memiliki perilaku cinta tanah air &
semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
dalam hal pesan & nilai-nilai budaya
2.3
Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan
santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah
2.4
Memiliki rasa
percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali
kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
||
PENGETAHUAN
|
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulis
3.2
Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis
3.3
Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulis
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipela-jari di sekolah atau
sumber lain yang sa-ma dengan yang diperoleh dari sekolah.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, & rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulis
4.2
Menyusun teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis
4.3
Menelaah dan
merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis
4.4
Meringkas teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara
lisan maupun tulis
|
HASIL TELAAH KI, KD, DAN
PENGEMBANGAN INDIKATOR SERTA PENGEMASAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS IX KURIKULUM 2013
ü INDIKATOR
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan
baik melalui lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.1.1 menentukan kata-kata kunci dari isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan,dan rekaman percobaan baik lisan
maupun tulis;
3.1.2 mengurai isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan baik lisan maupun tulis;
3.1.3 menjelaskan isi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik lisan maupun tulis.
3.2 Membedakan teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulis
Siswa mampu:
3.2.1 mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun
tulis;
3.2.2
menuliskan hasil perbandingan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis;
3.2.3 menelaah perbedaan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara
lisan maupun tulis.
3.3 Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis.
Siswa mampu:
3.3.1 menentukan isi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulis;
3.3.2 membagi unsur kebahasaan antara teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulis;
3.3.3 menuliskan hasil klasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulis.
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan mupun tulis
Siswa mampu:
3.4.1 menelusuri kekurangan isi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan mupun tulis;
3.4.2 menganalisis kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks;
3.4.3 menjabarkan kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks.
4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan,
& rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.1.1 menemukan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksempulum, tanggapan, & rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulis;
4.1.2 mengenali isi teks eksempulum, tanggapan, & rekaman percobaan baik secara lisan maupun
tulis;
4.1.3 menyampaikan secara lisan dan tulis makna ungkapan dalam teks
eksempulum, tanggapan, & rekaman percobaan.
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
mupun tulis
Siswa mampu:
4.2.1
membuat langkah-langkah penulisan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis;
4.2.2 menuliskan isi teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulis;
4.2.3 menganalisis teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulis.
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.3.1 menganalisis struktur dan kaidah isi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulis;
4.3.2 menelaah dan merevisi bahasa sesuai dengan
struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca;
4.3.3
menuliskan hasil telaah teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulis.
4.4 Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulis
Siswa mampu:
4.4.1 membuat langkah-langkah meringkas teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan;
4.4.2 menentukan hal-hal
penting dari teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan baik secara lisan maupun tulis;
4.4.3 menuliskan hal-hal penting dari teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dari struktur isi dan fitur bahasa.
ü
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat:
1.
rasa syukur sebagai bahasa persatuan dalam menjelaskan struktur teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan maupun tulis dengan jelas;
2.
menuliskan hasil perbandingan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis dengan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
3.
mengklasifikasi usur-unsur kebahasaan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan benar;
4.
menghargai keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam menyebutkan kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis berdasarkan
kaidah-kaidah teks dengan benar;
5.
menjelaskan makna
kata, istilah, ungkapan dalam teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan dengan jujur baik secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan jelas;
6.
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam menyusun teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik
teks yang akan
dibuat dengan
penuh tanggung jawab baik secara lisan maupun tulis dengan tepat;
7.
menuliskan hasil telaah teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
sesuai dengan struktur dan kaidah teks dengan penuh tanggung jawab baik
secara lisan maupun tulis dengan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan tepat;
8.
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan dengan jujur dari struktur isi dan fitur bahasa dengan
benar.
0 komentar:
Posting Komentar