Pages

Sabtu, 21 Maret 2015

ANALISIS TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SMP KELAS VII







ANALISIS TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SMP KELAS VII
Diajukan untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester (UAS) 
Mata Kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks




              

Disusun oleh :
MUH.HARJUM NURDIN
NIM. 1351040007

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

2015






BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
            Buku teks merupakan buku pelajaran yang ditujukan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu dengan bidang studi tertentu yang ditulis oleh para pakar di bidangnya masing-masing yang dilengkapi dengan sarana pengajaran untuk menunjang suatu program tertentu dan tujuan instruksional tertentu. Berdasarkan Permendiknas No. 2 Tahun 2008 mengenai buku teks, pada pasal 1 dijelaskan bahwa: ”buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan”. Dalam hal ini buku teks sangat menunjang dalam kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Buku teks memiliki keterkaitan dengan proses pembelajaran.
Pada dasarnya, sebuah buku pelajaran yang baik adalah buku yang berfungsi sebagai alat pembelajaran yang efektif.  Buku teks dapat dikatakan bermutu tinggi apabila memiliki kriteria-kriteria tertentu. Jika buku teks memiliki bermutu yang tinggi maka akan meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pengajaran. Maka untuk mengetahui apakah buku teks tersebut layak digunakan atau tidak perlu adanya analisis terhadap buku teks tersebut. Dalam makalah ini penulis akan menganalisis buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII dilihat dari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan kesesuaian isi dengan kurikulum yang berlaku.


1.2 RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu :
1.      Apakah buku teks bahasa Indonesia SMP kelas VII sesuai dengan kurikulum KTSP?
2.      Apa kekurangan dan kelebihan buku teks SMP kelas VII?

1.3 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui buku teks tersebut sesuai atau tidak dengan kurikulum yang berlaku.
2.      Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan buku teks SMP kelas VII.

1.4 MANFAAT PENELITIAN                        
Penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat sebagai berikut :
1.      Bagi penulis, penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya tentang telaah buku teks.
2.      Bagi pembaca, penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan tentang telaah buku teks.
3.      Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan memberi sumbangan yang baik untuk penelitian selanjutnya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan atau bahan perbandingan pada penelitian yang akan dilakukan, khususnya penelitian mengenai telaah buku teks.





BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Hakikat Kurikulum KTSP
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia.
2.2 Landasan Pembentukan KTSP
·         KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
·         Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006.
·          Panduan Pengembangan KTSP yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
2.3 Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
2.      Beragam dan terpadu;
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan;
6.      Belajar sepanjang hayat;
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

2.4 Tujuan KTSP
Secara umum tujuan diterapkannya KTSP adalah unutk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum. Secara khusus tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk:
1.      Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemanadirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
2.      Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan kurikulum melalui pengembalian keputusan bersama.
3.      Meningkatkan kompetesi yang sehat antar satuan pendidikan yang akan dicapai.
Memahami tujuan di atas, KTSP dapat dipandang sebagai suatu pola pendekatan baru dalam pengembangan kurikulum dalam konteks otonomi daerah yang sedang digulirkan sewasa ini.
Oleh Karena itu, KTSP perlu diterapkan oleh setiap satuan pendidikan, terutama berkaitan dengan tujuh hal sebagi berikut:
a.       Sekolah lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi dirinya sehingga dia dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang tersedia untuk memajukan lembaganya.
b.      Sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya input pendidikan yang akan dikembangkan dan didayagunakan dalam proses pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
c.       Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sekolah lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan seklah karena pihak sekolahlah yang paling tahu apa yang terbaik bagi sekolahnya.
d.      Keterlibatan semua warga seklah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum menciptakan transparansi dan demokrasi yang sehat, serta lebih efesien dan efektif bilamana dikontrol oleh masyarakat sekitar.
e.       Sekolah dapat bertanggung jawab tentang mutu pendidikan masing-masing kepada pemerintah, orangtua peserta didik, dam masyarakat pada umumnya, sehingga dia akan berupaya semaksimalkam mungkin unutk melaksanakna dan mencapai sasaran KTSP.
f.       Sekolah dapat melakukan persaingan yang sehat dengan sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya-upaya inovatif dengan dukungan orangtua peserta didik, masyarakat, dan pemerintah daerah setempat.
g.      Sekolah dapat secara cepat merespon aspirasi masyarakat dan lingkungan yang berubah dengan cepat, serta mengakomodasikannya dalam KTSP.









BAB III
METODELOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme (paradigma interpretif dan konstruktif yang memandang realitas sosial sebagai sesuatu yang utuh, kompleks, dinamis, penuh makna dan hubungan gejala yang bersifat interaktif), digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan data dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna daipada generalisasi (Sugiyono, 2012 : 15)
Adapun pengertian metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain, penelitian deskriptif kualitatif mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan (Sudjana, 2006:52).
                                                                    
3.2 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data (Sugiyono, 2012:308). Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu, teknik studi pustaka ini digunakan peneliti untuk memperoleh data yang relevan dan untuk mendapatkan bahan yang teoritis yang dipergunakan dalam memecahkan masalah yang ditemukan dalam penelitian. Selain studi pustaka, peneliti juga menggunakan  teknik pengamatan untuk meperoleh data pada buku teks sebagai sumber  penelitian.
3.2 Teknik Analisis Data
Teknik analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang dipeoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi bahan-bahan lain dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melaksanakan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain (Sugiyono, 2012:224). Analisis data ini dengan cara menelaah buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII.

 3.3 Data Penelitian
            Penelitian ini menggunakan buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII sebagai sumber data penelitian. sedangkan data penelitian diambil dari materi-materi semester 1 yang terdapat dalam buku teks tersebut.  











BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Identitas Buku
a.       Judul buku                  :  Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII
b.      Pengarang                   : Atikah Anindyarini
   Sri Ningsih
c.       Editor                          : Retno Utami dan Widya Ristanti
d.      Desain Cover              : Teguh Karya
e.       Setting/Lay out           : Eni Purwanti
f.       Ukuran Buku              : 17,6 x 25 cm
g.      Tebal buku                  : 154 halaman
h.      Jenis buku                   : Buku Teks                
i.        Penerbit                       : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
j.        Tahun terbit                 : 2008
k.      ISBN                           : 979-462-938-3
l.        Diajukan untuk           : SMP Kelas VII

4.2 Fisik buku
            Buku teks yang penulis telaah berjudul Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII. Dalam cover buku ini menggunakan gambar buku, huruf, tangan yang sedang menulis di buku, gambar laptop, gambar memegang kaset. Buku teks ini memiliki 154 halaman dengan ukuran buku 17,6 x 25 cm. Selain tugas individu dan kelompok buku teks ini dilengkapi pula dengan glosarium dan indeks. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasioanal Tahun 2008. Penulis buku ini adalah Atikah Anindyarini dan Sri Ningsih. Pada semester 1 ada 5 pelajaran yang disajikan. Pelajaran 1, menjaga kelestarian lingkungan. Pelajaran 2, peristiwa di sekitar kita. Pelajaran 3, perkembangan sarana komunikasi. Pelajaran 4, memperbaiki moral remaja. Pelajaran 5, pentingnya menjaga kesehatan.
4.2 Kesesuaian buku teks dengan kurikulum KTSP
a. Kesesuaian buku teks bahasa Indonesia SMP kelas VII semester 1 dengan silabus
No SK/KD
Uraian Kompetensi Dasar
Sesuai
Tidak Sesuai
Keterangan
1.
Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1
Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

Pelajaran 3, halaman 30
1.2
Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
Pelajaran 2, halaman 16
2
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman


2.1
Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
Pelajaran 3, halaman 32

2.2
Menyampaikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
Pelajaran 5, halaman 60

3
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

3.1
Menemukan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
Pelajaran 1, halaman 6
3.2
Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
Pelajaran 2, halaman 18
3.3
Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
Pelajaran 4, halaman 47

4
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

4.1
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
Pelajaran 1, halaman 9
4.2
Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Pelajaran 5, halaman 64
4.3
Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
Pelajaran 4, halaman 49
5
Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1
Menemukan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
Pelajaran 1, halaman 1
5.2
Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang
           
Pelajaran 5, halaman 58
6
Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1
Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat
Pelajaran 2, halaman 12
6.2
Bercerita de­ngan alat pe­raga
Pelajaran 4, halaman 45
7
Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1
Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca
Pelajaran 3, halaman 33
7.3
Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca
Pelajaran 5, halaman 62
8
Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1
Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
Pelajaran 2, halaman 22
8.2
Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
Pelajaran 3, halaman 35

            Kurikulum KTSP tingkat SMP kelas VII semester 1 memiliki delapan Standar Kompetensi dan Standar Kompetensi seluruhnya berjumlah delapan belas. Berdasarkan tabel di atas buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII sesuai dengan silabus KTSP yang berlaku hanya saja materi-materi yang ada di buku tidak secara berurutan dengan silabus.

4.3 Tujuan
Secara umum penyusun buku teks Bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali siswa mengenai keilmuan tentang bahasa khususnya, bagaimana berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Demikian juga penulis bertujuan untuk membekali siswa dengan ilmu kesusastraan dan juga memperoleh kemampuan berbahasa dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. 


4.4 Pendekatan
            Pendekatan yang digunakan dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII ini adalah pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang menuntut keterlibatan mental siswa terhadap bahan yang dipelajari. CBSA adalah pendekatan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat secara fisik, mental, intelektual, dan emosional dengan harapan siswa memperoleh pengalaman belajar secara maksimal, baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotor.

4.5 KesesuaianMateri
            Wacana yang disajikan mencakup ruang lingkup yang dinyatakan di dalam standar isi berupa empat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis mulai pengenalan konsep sesuai dengan tuntutan yang ada di Standar Kompetensi (SK) maupun Kompetensi Dasar pelajaran Bahasa Indonesia SMP.
a)      Aspek Mendengarkan/Menyimak:
−        Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng, terdapat pada pelajaran 1.
−        Menulis kembali isi berita yang dibaca, terdapat pada pelajaran 2.
−        Menyimpulkan isi berita yang dibaca, terdapat pada pelajaran 3.
−        Menuliskan kembali berita yang didengarkan, terdapat pada pelajaran 4
−        Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang, terdapat pada pelajaran 5.

b)      Aspek Berbicara
−        Menceritakan pengalaman yang mengesankan, terdapat pada pelajaran 1.
−        Bercerita dengan urutan yang baik, terdapat pada pelajaran 2.
−        Menceritakan pengalaman yang mengesankan, terdapat pada pelajaran 3
−        Bercerita dengan alat peraga, terdapat pada pelajaran 4.
−        Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat, terdapat pada pelajaran 5.

c)      Aspek Membaca
−        Menemukan kata tertentu dalam kamus, terdapat pada pelajaran1
−        Membaca cepat 200 kata per menit, terdapat pada pelajaran 2.
−        Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca, terdapat pada pelajaran 3.
−        Membaca teks perangkat upacara, terdapat pada pelajaran 4.
−        Mengomentari buku cerita yang dibaca, terdapat pada pelajaran 5.

d)     Aspek Menulis
−        Menulis buku harian, terdapat pada pelajaran 1.
−        Menulis pantun, terdapat pada pelajaran 2.
−        Menulis kembali dongeng yang dibacakan, terdapat pada pelajaran 3..
−        Menulis teks pengumuman, terdapat pada pelajaran 4.
−        Menulis surat pribadi, terdapat pada pelajaran 5.

4.6 Materi Kebahasaan
−        Menggunakan kata bermakna denotasi dan konotasi, terdapat pada pelajaran 1, hlm. 9.
−        Menggunakan kalimat berita, terdapat pada pelajaran 2, hlm. 24.
−        Menggunakan imbuhan peN-, pe-, -an, peN-an, ke-, dan ke-an, terdapat pada pelajaran 3, hlm. 37.
−        Menggunakan klausa dengan keterangan tujuan untuk dan demi, terdapat pada pelajaran 4, hlm. 51.
−        Menggunakan kata ganti dan kata acuan, terdapat pada pelajaran 5, hlm. 66.


4.7 Materi Sastra
−        Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng, terdapat pada pelajaran 1.
−        Menulis pantun, terdapat pada pelajaran 2.
−        Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca, terdapat pada pelajaran 3.
−        Bercerita dengan alat peraga, terdapat pada pelajaran 4.
−        Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang, terdapat pada pelajaran 5.

4.8 Media Pembelajaran
Media pengajarannya dalam perkembangan sudah sampai kepada teknologi pendidikan. Fungsi media pengajaran untuk memperjelas materi yang disampaikan kepada siswa. Jenis media pengajaran dapat beraneka ragam mulai dari benda aslinya, gambarnya, duplikatnya. Media pengajaran dalam buku teks ini menggunakan beberapa media yaitu:
1.      Rangkuman dalam kotak.
2.      Kolom info yang diberi nama jeda info
3.      Gambar
4.      Tabel
5.      Contoh-contoh wacana

4.9 Evaluasi Soal
                Evaluasi dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII ini cukup bervariasi. Evaluasi ini untuk mengukur prestasi belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dan untuk memantapkan keterampilan berbahasa. Setelah selesai pembahasan atau penjelasan materi selanjutnya diikuti tugas atau praktik yang relevan dengan isi materi. Hal yang sama berlaku juga dalam butir membaca, menulis dan tata bahasa. Instrument evaluasi yang digunakan buku ini sebagai berikut:
1.      Pelajaran 1
a.       Tugas
1. Dengarkan pembacaan dongeng (legenda) berikut!
2. Catatlah hal-hal yang menarik dari dongeng tersebut baik  yang bersifat
          menghibur maupun yang berisi ajaran moral!
b.      Uji kompetensi
1. Pilihan Ganda
                Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
      2. Esay
Kerjakanlah soal-soal berikut!
Perhatikanlah kutipan berita berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2!

2.      Pelajaran 2
a.       Tugas
Membaca cepat dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan baca seseorang. Lakukanlah tugas-tugas berikut untuk mengertahui kemampuan baca kalian!
b.      Tugas
Berbekal pengetahuan tentang penulisan pantun bentuklah kelompok yang terdiri atas 2-3 orang untuk mengerjakan tugas-tugas berikut!
1. Lengkapilah sampiran pantun berikut ini sehingga menjadi pantun nasihat!
2. Buatlah 2 (dua) pantun  jenaka dan 1 (satu) pantun teka-teki!
c.       Uji kompetensi
1. pilihan ganda
2. esay

3.      Pelajaran 3
a.       Tugas
1. Tuliskan poko-poko berita yang kalian dengarkan!
2. Tulislah kesimpulan isi berita yang kalian dengarkan ke dalam beberapa kalimat!
b.      Uji Kompetensi
1. Pilihan Ganda
2. Esay

4.      Pelajaran 4
a.       Tugas
Cermatilah kembali ketiga teks perangkat upacara di atas, kemudian kerjakanlah tugas-tugas berikut!
1. bacalah ketiga teks perangkat upacara di atas (masing-masing membaca satu teks)
2. coba berikanlah penilaian terhadap penampilan teman kalian tersebut.
b.      Uji Kompetensi
1. Pilihan Ganda
2. Esay

5.      Pelajaran 5
a.       Tugas
Buatlah contoh surat yang berisi balasan surat di atas!
b.      Uji Kompetensi
1. Pilihan Ganda
2. Esay
Uji Kompetensi Semester 1



4.10 Bahasa yang digunakan
Dilihat dari segi bahasa dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII, Bahasa yang digunakan cukup baik, tidak terlalu berbelit-belit dan mudah untuk dipahami serta komunikatif. Buku ini dilengkapi dengan glosarium yang berguna untuk menjelaskan kosa kata (bahasa asing/ilmiah) yang cenderung tidak dimengerti oleh peserta didik.

4.11 Kelebihan dan kekurangan buku teks
a.       Kelebihan dalam buku  Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII sebagai berikut:
1.      Di setiap awal materi, penulis menuliskan peta konsep dan indikator yang harus dicapai, sehingga            memudahkan untuk melihat perkembangan sisiwa dalam proses pembelajaran
2.       Di setiap pertengahan materi pembelajaran, penulis menyisipkan / menuliskan jeda info. Jeda info ini dapat    membantu peserta untuk memberikan pengetahuan terhadap peserta didik.
3.       Di setiap pembahasan materi selanjutnya diikuti tugas kelompok maupun individu.
4.        Setelah itu sebelum ke dalam uji kompetensi, terdapat Rangkuman materi yang dipelajari pada setiap             babnya sehingga memperjelas pengetahuan siswa terhadap materi yang telah dibahas.
5.         Ditunjang pula dengan media yang menunjang pembelajaran seperti wacana, gambar dan tabel.

b.      Kekurangan dalam buku  Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
Di awal buku ini tidak terdapat kolom SK/KD,  yang akan membantu guru dalam menyesuaikan materi pembelajaran pada setiap kali pertemuan.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

            Berdasarkan hasil penelitian buku teks ini dapat disimpulkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII memiliki kriteria-kriteria yang dibutuhkan dan sudah sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). Dengan menyajikan materi menggunakan bahasa yang lugas dan komunikatif yang sangat cocok untuk anak tingkat SMP. Materi yang disajikan memiliki empat aspek ketrampilan bahasa yaitu mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca dan menulis dengan materi kebahasaan dan kesusastraan. Menurut penulis buku teks ini layak digunakan dan berkualitas karena memiliki kriteria-kriteria tertentu yang telah dibahas di atas. Selain itu, setelah ditelaah buku ini sinkron dengan silabus KTSP.
Penulis mengharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan alternatif penunjang untuk melaksanakan penelitian lainnya khususnya telaah buku teks. Penulis menyadari bahwa dalam penelitian ini banyak sekali kekurangannya, maka diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat lebih mengembangkan penelitian ini dengan lebih baik. 








DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.2008.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta
Sudjana.2006.Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah.Bandung:Remaja Rosdakarya
Anindyarini, Atikah dan Sri Ningsih.2008.Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII.Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional



1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini

About