Pada kesempatan kali ini yuk kita
bahas Pengertian Analisis SWOT, pertama-tama kita perlu mengetahui
singkatan dari SWOT itu sendiri, yaitu:
S = Strengths (Kekuatan)
W = Weaknesses (Kelemahan)
O = Opportunities (Kesempatan)
T = Threats (Ancaman)
Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah :
“Merupakan metode perencanaan
strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan
(weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek
bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang
membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.
NB: Teknik ini dibuat oleh Albert
Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset pada Universitas Stanford tepatnya
dasawarsa 1960 an dan 1970 an dengan menggunakan data dari
perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Dari penjelasan singkat di atas
mungkin anda sudah ada gambaran mengenai pengertian SWOT, tidak sah
sepertinya sebelum masuk ke contoh analisis SWOT, baiknya kita membahas
mengenai sedikit manfaat
analisis SWOT bagi perusahaan.
Manfaat
Analisis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk
menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities)
yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu
menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi
nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling berhubungannya 4
faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk
mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi
pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan bagaimana contoh
analisis SWOT suatu perusahaan.
Dengan adanya contoh analisis SWOT,
maka sangat berharap anda bisa memahaminya secara keseluruhan mengenai analisis
SWOT. Perlu di pahami, inti analisis SWOT ini adalah menilai dalam/internal
perusahaan dengan melihat kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses),
kemudian menilai luar/eksternal perusahaan dengan melihat peluang
(Opportunities) dan ancaman (Threats).
Tanpa panjang lebar, yuk kita ke
bahasan contoh analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA),
Contoh analisis SWOT NOKIA:
NB: Sebelumnya perlu diperhatikan,
saya tidak mencantumkan data dan hanya memberikan penjelasan sekedarnya karena
nanti akan memakan banyak tulisan. Bagi anda yang ingin serius menganalisis
memakai metode SWOT, maka WAJIB untuk menyertakan data dan penjelasan yang
maksimal agar analisis benar-benar tepat.
1.
Strengths (Kekuatan)
- Pengalaman
Bagaimana tidak, NOKIA masuk dunia
mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan
ponsel GSM dengan produk Nokia 1011.
- Jaringan Terbesar Penjualan & Distribusi
Nokia merupakan brand yang telah
melekat di hati para kosumen dan merupakan perintis ponsel yang saat ini sangat
di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja kekuatannya terletak pada
terbesar penjualan dan distribusinya.
- Hubungan Pelanggan yang Kuat
Bicara brand NOKIA maka hampir
seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti
susah untuk pindah ke lain hati.
- Berbagai Macam Produk untuk Semua Kelas
Tidak hanya sebatas hubungan
pelanggan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya dengan berbagai macam
produk yang sesuai kelas.
2.
Weaknesses (Kelemahan)
- Kurang Gaya Dalam Produk Murah
Memang sudah wajar, harga menentukan
sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana
produk China dapat membuat replika dengan gaya eksklusif tetapi tetap dengan
harga yang sangat murah.
- Kehilangan Pangsa Pasar
Untuk saat ini Nokia memang telah
kehilangan pasarnya setelah symbian tidak lagi update, lalu di akuisisi oleh
Microsoft dengan OS Windows Phone.
3.
Opportunities (Kesempatan)
- Pertumbuhan Pasar Baru
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru,
yaitu handphone berbasis smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk
berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
4.
Threats (Ancaman)
- Ponsel China
Ponsel China merupakan suatu ancaman
yang sangat serius bagi Nokia, karena dengan fitur yang cukup hampir sama,
mereka berani menjual dengan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang
harga.
- Pesaing Seperti Samsung & Apple
Dari tahun 2000 an – 2010 Nokia
memang tiada tandingannya dalam hal ponsel, karena memang memberikan setiap
kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia
(khususnya Samsung dan Apple) mulai melejit, berikut statistik penjualannya:
Penjualan Nokia, Samsung, dan Apple
Kesimpulan
Setelah menganalisis semua faktor,
langkah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths),
menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan
menangkal semua ancaman (threats) yang datang. Semoga penjelasan contoh
analisis SWOT diatas dapat memberikan gambaran mengenai analisis SWOT secara
keseluruhan.
0 komentar:
Posting Komentar